5 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Ibu Hamil Lho!

Ilustrasi jengkol. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri – Kamis, 24 Maret 2022 | 20:30 WIB

Sariagri – Jengkol memiliki bau yang khas. Meskipun makanan yang satu ini sering dipandang sebelah mata karena baunya tidak sedap, tetapi manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh bahkan untuk ibu hamil.

Melansir berbagai sumber, dalam 100 gram jengkol mengandung 52,7 gram air, 192 kalori, 5,4 gram protein, 0.3g lemak, 40,7 g karbohidrat, 1,5g serat, 0,9g abu, 4 miligram kalsium, 150 mg fosfor, 0,7 mg besi, 60 mg natrium, 241,0 mg kalium, 0,30 mg tembaga, 0,6 mg seng, 0,05 mg thiamin, 0,20 mg riboflavin, 0,5 mg niasin dan 31 mg vitamin C.

Meski menyehatkan, tetap saja konsumsinya tidak boleh berlebihan. Hal ini disebabkan makanan yang marak di Asia ini berpotensi menyebabkan keracunan jika dimakan terlalu banyak. Konsumsi jengkol hanya secukupnya saja.

Berikut manfaat jengkol yang bisa kamu dapatkan. 

1. Mencegah Diabetes

Penelitian mengungkapkan jengkol mampu menurunkan kadar gula darah. Percobaan yang dilakukan pada tikus itu menunjukkan memakan jengkol memiliki kelenjar langerhans yang lebih aktif.

Kelenjar ini bertanggung jawab dalam menghasilkan hormon insulin dan berbagai hormon lain yang mengatur gula darah dalam tubuh.

2. Mencegah Sakit Maag

Manfaat jengkol juga dapat mencegah masalah lambung. Studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan jengkol dapat membuat hewan percobaan itu terlindung dan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sakit maag.

Tikus yang makan jengkol justru mengalami peningkatan enzim superoxide dismutase (SOD) atau enzim penting dalam melindungi dinding lambung dari luka karena asam lambung.

3. Mencegah Anemia

Manfaat jengkol dapat mencegah anemia karena kandungan zat besi. Jengkol dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah anemia.

4. Kesehatan Ibu Hamil

Baca Juga: 5 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Ibu Hamil Lho!
Dokter Ungkap Bahaya Gula Pasir Anjurkan Berhenti Mengonsumsinya

Siapa sangka manfaat jengkol juga dapat diterima oleh ibu hamil. Kandungan fosfor dalam jengkol dapat menjadi nutrisi untuk pembentukan tulang pada ibu hamil dan janinnya.

Fosfor juga berguna untuk pembekuan darah, ginjal, perbaikan jaringan dan sel, kontraksi otot dan irama jantung yang normal. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal harus makan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

5. Mencegah penyakit kronis

Jengkol mengandung banyak antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Salah satu jenisnya adalah polifenol, flavonoid, terpenoid dan alkaloid.

Zat antioksidan tersebut memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari efek samping radikal bebas yang dapat memicu penyakit kronis seperti kanker.

Video Terkait

[embedded content]