5 Manfaat Teh Kembang Sepatu untuk Kulit dan Rambut

Ilustrasi teh kembang sepatu. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri – Jumat, 25 Maret 2022 | 07:00 WIB

Sariagri –¬†Manfaat bunga kembang sepatu memang sudah tidak asing lagi. Bunga ini telah digunakan sejak berabad-abad, terutama di India, untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Bunga ini juga merupakan bahan pokok yang sangat umum dalam produk perawatan kulit dan rambut.

Mungkin kamu bingung bagaimana caranya agar mendapatkan manfaatnya. Tapi tahukah kamu, kembang sepatu bisa dibuat menjadi teh. Teh kembang sepatu dibuat dari kelopak bunga yang sudah dikeringkan dan dipisahkan dari bijinya. Manfaat teh kembang sepatu untuk kulit, rambut, dan kesehatan sangat banyak.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat teh kembang sepatu untuk kulit dan rambut.

1. Membantu Meredakan Peradangan Kulit

Teh kembang sepatu adalah sumber yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan betakaroten. Bahan-bahan ini berguna untuk mengatasi masalah seperti kulit yang meradang dan gatal.

Kandungan-kandungan tersebut juga membantu mengurangi kerusakan kulit yang menyebabkan masalah seperti penuaan, kerutan, bintik hitam dan kulit kendor.

Minum teh kembang sepatu membantu meniadakan efek polutan pada tubuh dan melindungi sel dan jaringan.

2. Membantu Menghidrasi Kulit

Teh kembang sepatu dapat membantu menghidrasi kulit. Jika kamu adalah seseorang yang memiliki kulit yang benar-benar kering, gatal dan bersisik, kamu akan sangat diuntungkan dari sifat menghidrasi teh kembang sepatu ini.

Minuman ini membuat kulit terlihat lembut. Hal tersebut dikarenakan peningkatan aliran darah dan transfer nutrisi yang lebih baik ke kulit yang dibantu oleh teh ini.

3. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Seperti yang sudah dibahas, teh kembang sepatu adalah sumber vitamin C. Vitamin ini membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Karena kolagen adalah komponen yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan rambut, minum teh ini akan memberikan hasil yang positif untuk membuat rambut lebih sehat dan kuat.

4. Memperkuat Akar Rambut

Manfaat luar biasa lainnya dari teh kembang sepatu adalah kaya akan asam amino, yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Karena asam amino membantu menghasilkan lebih banyak sel darah merah di tubuh, asam amino membantu pengiriman oksigen dan nutrisi ke akar rambut. Hal tersebut membuat rambut terlihat tebal, sehat, dan berkilau.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Kembang Sepatu untuk Kulit dan Rambut
Tak Kalah dengan Sake atau Soju, Ini 7 Minuman Beralkohol Khas Indonesia

5. Mengurangi Ketombe

Menggunakan teh kembang sepatu sebagai bilasan rambut memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan ketombe bahkan melembutkan rambut.

Untuk menghilangkan ketombe, gunakan teh kembang sepatu sebagai bilasan keramas. Saat menggunakan teh kembang sepatu, pastikan setiap helai rambut juga terbasuh. Setelahnya, tunggu selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan kondisioner setelahnya. 

Video Terkait

[embedded content]