9 Alat Berkebun dan Fungsinya

Gergaji Dahan Lipat D handle 210 - 2

Suka berkebun? Pastikan anda memiliki alat berkebun di rumah yang modern dan berkualitas. Memahami 9 alat berkebun dan fungsinya jadi wajib nih karena berkebun menjadi hobi banyak orang, termasuk anda.

Memastikan bahwa peralatan berkebun anda lengkap wajib dipikirkan, karena akan menambah seru kegiatan outdoor yang satu ini.

9 peralatan berkebun di rumah dan fungsinya :

1. Sarung Tangan Berkebun

Alat pelindung tangan ini adalah barang wajib pertama yang harus dimiliki penghobi kebun. Mengutip Garden Buildings Direct, sarung tangan karena sangat berfungsi melindungi tangan dari benda atau sesuatu yang berbahaya.

Semisal saat menebar pupuk tanaman, maka sarung tangan menjadi penghalang masuknya bakteri pada kotoran dari pupuk tersebut. Selain itu, menggunakan sarung tangan bisa mengantisipasi cedera akibat goresan tanaman berduri atau serpihan benda asing yang ada pada tanah.

  • Penelusuran terkait
  • nama alat berkebun
  • alat dan bahan untuk menanam
  • alat-alat bercocok tanam dan fungsinya
  • peralatan berkebun di rumah
  • gambar peralatan berkebun
  • sekop untuk berkebun
  • fungsi garpu tanah
  • sebutkan 5 alat dan bahan untuk menanam bunga

Hindari menggunakan sarung tangan berkebun dari bahan katun lantaran duri mudah tersangkut dan membuat kainnya robek. Sebaliknya, pilihlah yang berbahan nilon, kulit, atau serat bambu. Selain awet, sarung tangan berbahan sintetis ini menghindari tangan Anda lembap dan basah.

2. Sekop

Sekop merupakan salah satu peralatan kebun di rumah yang wajib punya. Tidak hanya bagi pemula, tapi rata-rata pemilik kebun atau taman, sudah pasti mempunyai perkakas seperti sekop.

Biasanya, alat ini berguna untuk memindahkan pupuk, mulsa, maupun tanah ke dalam pot ketika menanam bibit. Atau menggali dan mencacah permukaan tanah yang tidak terlalu besar.

Material dan ukuran sekop beragam, ada yang dari besi, baja, plastik. Ukurannya juga mulai dari kecil, sedang, besar. Jadi, silakan pilih jenis sekop sesuai kebutuhan untuk berkebun. Tak ada salahnya memilih sekop berkualitas baik sebagai investasi jangka panjang.

3. Garpu Tanah

Garpu tanah adalah salah satu alat berkebun yang serbaguna. Garpu tanah dapat digunakan untuk memecah tanah yang padat, membuat lubang untuk benih, mencampur dan mengaduk, menghilangkan batu dan gulma, melunakkan tanah yang keras, serta mengaerasi (melubangi) tanah.

Selain memudahkan pekerjaan saat penggalian, tiga sampai empat taring tebal, tajam, dan kuat akan lebih gampang memecah dan menembus tanah padat dibandingkan sekop atau cangkul biasa.

4. Cangkul

Peralatan kebun di rumah yang wajib punya lainnya yang sangat diperlukan yaitu cangkul. Hampir mirip fungsinya dengan sekop dan garpu tanah.

Tetapi cangkul lebih cocok untuk membantu proses penggalian tanah yang memiliki tekstur tidak begitu padat. Cangkul juga sering dipakai untuk melubangi tanah, terutama ketika menanam bibit atau benih calon pepohonan besar. Selain mempermudah proses menanam, cangkul juga dibutuhkan untuk penyiangan.

Peralatan kebun serbaguna ini sebenarnya memiliki beberapa jenis. Tetapi cangkul biasa dan cangkul Belanda adalah jenis cangkul yang multifungsi dan berguna untuk tukang kebun. 

5. Gunting Tanaman

Benda tajam ini berguna sebagai alat pemotong ataupun pemangkas bagian tanaman yang rusak agar terlihat lebih rapi. Semak dan pohon perlu dibentuk dan dipangkas secara rutin. Belum lagi jika muncul gulma berkayu seperti rumput yang perlu dipangkas juga.

Dengan gunting, aktivitas memangkas dan membentuk tanaman akan lebih mudah dan cepat. Jenis gunting tanaman sebagai pelengkap alat berkebun ini ada banyak jenisnya. Beberapa di antaranya ialah gunting deluxe untuk memotong dahan atau ranting-ranting kecil.

Selanjutnya, kalau memiliki lahan kebun tidak luas, rumput yang tinggi bisa dipangkas menggunakan grass cutter, yaitu gunting rumput dengan ukuran tidak terlalu besar. Anda tinggal menyesuaikan jenis gunting dengan kebutuhan dan jenis tanaman yang dimiliki di kebun.

6. Pot Tanaman

Tidak semua orang mempunyai lahan bercocok tanam yang memadai, misalnya saja orang-orang perkotaan dengan keterbatasan lahan hijau pada sekitar tempat tinggalnya. Akan tetapi, media tanam seperti pot sangat cocok untuk mengatasi masalah kekurangan lahan tersebut. 

Wadah menanam ini banyak ukurannya, mulai dari terkecil sampai terbesar. Bahkan, bahan dari pot juga beraneka macam, sehingga dapat dengan mudah disesuaikan menurut keinginan masing-masing ketika akan menanam.

7. PH Meter Tanah

Beda daerah, berbeda juga jenis tanahnya. Boleh jadi alat pH meter tanah ini diperlukan, agar bisa lebih dulu mendeteksi kadar pH pada sebuah tanah.

Beberapa kasus, ada tanaman yang susah subur bahkan selalu gagal tumbuh karena tidak ada kecocokan dengan tanahnya. Jadi, alat pH meter tanah ini opsional saja ya. Apabila sangat diperlukan, bisa dibeli pada toko alat berkebun.

8. Selang

Perawatan sederhana dalam berkebun sudah pasti membutuhkan air agar tanaman tidak kekeringan hingga menjadi layu. Untuk itu, perlu memiliki selang agar pemberian air bagi tanaman merata. Biasanya selang digunakan bagi kebun dengan ukuran lahan yang luas.

Agar lebih memudahkan menyiram tanaman, lengkapi selang dengan nozzel atau pengontrol semprot yang dapat menghasilkan air yang menyerupai percikan hujan dan menjangkau area lebih jauh. 

Sedangkan bagi kebun rumahan yang tidak terlalu luas, sebaiknya gunakan watering pot sebagai menampung air supaya kegiatan menyiram menjadi lebih praktis dan tidak becek ke mana-mana.

9. Alat Semprot Antihama

Semprotan alat antihama sudah banyak dijual, terutama di toko tanaman atau penyedia alat-alat berkebun dengan variasi ukuran. Fungsi alat tersebut untuk memperbaiki pemeliharaan tanaman, karena memang perlu diperhatikan dengan baik.

Memiliki kebun yang ditanami berbagai tanaman, tidak hanya sekedar rajin menyiram dengan air saja. Akan tetapi, tanaman juga butuh perlindungan lebih seperti anti-hama agar kesehatan tanaman yang terjaga dan terhindar dari kerusakan.

Kesembilan peralatan berkebun di rumah yang wajib punya dan menjadi kebutuhan dasar bagi para pegiat yang cocok untuk tanam. Di samping alat berkebun, Anda juga harus memberi pupuk dan membersihkan tanaman untuk memastikan mereka tumbuh dengan sehat. Selamat berkebun.