Olahraga Bisa Membuat Kita Tetap Bahagia

Healthy people, apa kabar? Semoga tetap sehat selalu ya.
Tidak terasa sudah sampai ke bulan September di 2020 ini. Pasti banyak rencana yang terlewat karena pandemi, tapi juga pasti banyak banget hal baik yang bisa kita ambil hikmah dari pandemi ini. Apapun itu yang kamu hadapi, tetap semangat ya!

Pakai masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan mengikuti semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan sangat penting untuk menjaga diri kita dari penularan covid-19. Selain hal tersebut, makan sehat dan berolahraga juga penting banget lho. Makanan yang kita makan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh kita melawan virus. Salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi adalah sayur! Sayur kaya nutrisi mikro yang tubuh kita butuhkan seperti vitamin dan mineral.

Selain menjaga kesehatan tubuh, penting juga menjaga kesehatan jiwa kita lho, karena apabila kita stres tubuh kita juga mudah diserang penyakit. Salah satu untuk menjaga kesehatan jiwa adalah dengan berolahraga.

Saat kita berolahraga, tubuh kita menghasilkan hormon dopamin. Hormon dopamin adalah hormon yang dihasilkan di otak yang berpengaruh terhadap persaan senang dan bahagia. Karena hormon dopamin meningkat, hormon kortisol yang mempengaruhi stes di tubuh kita juga menurun. Maka dari itu, berolahraga bisa membuat kita lebih bahagia dan terhindar dari stres. 

Berapa banyak olahraga yang kita butuhkan untuk memperbaiki mood kita? Berdasarkan penelitian dari US Departement of Health, 30 sampai 60 menit berolahraga selama 3 3 sampai 5 kali seminggu dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jiwa kita, lho. Ada juga penelitian dari Kanada yang meneliti mengenai kuantitas berolahraga yang efektif untuk kesehatan jiwa kita. Berjalan kaki 30 menit ternyata lebih memberikan efek bagi tubuh kita untuk memperbaiki mood dibandingkan dengan membagi sesi olahraga kita 10 menit selama 3 kali.

Yuk jaga kesehatan tubuh dan jiwa kita. Tetap makan sehat, dan mulai berolahraga minimal 30 menit sehari.