Perkuat Imun Kita Melawan Covid!

Healthy people, apa kabarnya di awal tahun 2021 ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya.

Sudah memasuki pertengahan di bulan Januari 2021 ini, walaupun bumi kita masih belum pulih karena wabah Covid-19, semoga kamu dan keluarga selalu dilindungi ya. Awal tahun 2021 ini tentunya juga menjadi awal tahun yang memberikan kita harapan agar wabah Covid-19 segera berakhir, salah satunya dengan pengadaan vaksin di Indonesia. 

Selama pandemi ini kebiasaan baru apa saja yang kamu jalani? Untuk protokol 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) sudah merupakan hal wajib ya! Selain protokol 3M pastinya wajib juga menjalani gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi seperti perbanyak makan sayur, air putih, buah-buah sampai berolahraga hingga berjemur di bawah sinar matahari. 

Selama covid, pastinya banyak sekali list vitamin yang dianjurkan untuk dikonsumsi, tapi konsumsi dengan jumlah yang tepat ya! Berikut ini, Enatura punya rekomendasi beberapa makanan sumber vitamin yang baik untuk memperkuat imun kamu!

1. Bayam Merah Sayuran Kaya Vitamin C
Tahukah kamu, vitamin C pada bayam merah lebih tinggi dari pada vitamin C pada bayam hijau. Vitamin C pada bayam merah per 100 gr nya mencapai 62 mg atau setara dengan kebutuhan vitamin C harian kita sebanyak 69%, sedangkan pada bayam hijau terdapat 41 mg/100gr (46% kebutuhan harian). Selain kaya vitamin C, bayam merah juga kaya antioksidan yang baik untuk menangkan radikal bebas! Super banget ya. Pilih bayam merah yang organik atau bebas pestisida, untuk pengolahannya kamu bisa coba buat sayur bening dengan jagung, atau dikukus dibuat urap atau gado-gado.

2. Kacang-kacangan yang Menambah Asupan Zinc
Zinc adalah nutrisi mikro berupa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat imun. Menurut Medical Nesw Today, zinc akan mengaktifkan sebuah sel di tubuh kita (bernama sel T), yang dapat mengatur dan mengendalikan respon sistem imunitas tubuh saat diserang virus atau bakteri. Zinc umumnya banyak terdapat di daging sapi, tetapi kacang-kacangan juga bisa jadi sumber alternatif untuk asupan zinc harian kamu. Per 100 gr kacang biasanya mengandung sekitar 20% zinc dari kebutuhan harian kita.

3. Ikan dan Susu Kedelai Kaya Vitamin D
Salah satu anjuran untuk memperkuat imun kita adalah dengan mengkonsumsi vitamin D. Vitamin D selain bisa kita dapatkan dari berjemur sinar matahari, kita juga bisa coba masukkan ke menu harian kita! Beberapa makanan kaya vitamin D antara lain ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, hingga susu kedelai. Kamu bisa coba menu-menu Enatura dengan ikan tuna seperti Tuna Enacoisse Salad, Tuna Tataki Salad, atau sweets menu Enatura dengan susu kedelai, yaitu Fruity Chia Pudding.

Nah, bagaimana nih healthy people.. Banyak ya ternyata sumber makanan disekitar kita yang kaya vitamin dan kaya mineral. Yuk mulai biasakan pola hidup sehat!