Siap-siap, Harga Sawit Mau Melesat!

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) bergerak turun pada perdagangan pagi ini. Ke depan, seperti apakah prospek harga CPO?

Pada Selasa (4/11/2021) pukul 09:53 WIB, harga CPO di Bursa Malaysia tercatat MYR 4.846/ton. Turun 0,23% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

CPO menjadi salah satu komoditas dengan kenaikan harga yang signifikan pada 2021. Tahun lalu, harga komoditas ini melesat 30,47%.

Dalam waktu dekat harga CPO kemungkinan masih bisa naik. Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan harga CPO akan menguji titik resistance MYR 4.873/ton. Jika tertembus, maka harga bisa naik lagi ke arah MYR 4.948/ton.

“Harga CPO berhasil mematahkan bias penurunan. Hal ini berarti risiko downtrend sudah terhapus,” sebut Wang dalam risetnya.

Akan tetapi, Wang memperingatkan investor masih harus hati-hati. Sebab bukan tidak mungkin harga CPO turun menuju level support di kisaran MYR 4.751-4.812/ton.

Dari sisi fundamental, kenaikan harga CPO akan ditopang oleh penurunan pasokan. Banjir besar yang melanda Malaysia, salah satu produsen utama CPO dunia, akan membuat pasokan di pasar dunia berkurang.

Tujuh negara bagian di Negeri Harimau Malaya dilanda banjir, ribuan orang terpaksa diungsikan. Tujuh negara bagian itu adalah Kelantan, Terengganu, Pahang, Johor, Malaka, Negeri Sembilan, dan Sabah. Sebanyak 8.727 orang kini berada di pengungsian.

Sumber: CNBC Indonesia