Tidak Hanya Bercocok Tanam, Memasak juga Bagus untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi memasak. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Tatang Adhiwidharta – Jumat, 25 Maret 2022 | 10:45 WIB

Sariagri –¬†Sejumlah penelitian menyebutkan kegiatan bercocok tanam bagus untuk kesehatan mental. Ternyata belakangan ini, memasak juga terbilang bagus untuk kesehatan mental.

Melansir Malay Mail, sebuah penelitian baru-baru ini menyatakan orang yang memasak merasa lebih baik secara fisik dan mental. Mereka yang berpartisipasi dalam program percobaan memasak sehat selama tujuh minggu merasakan manfaatnya selama enam bulan.

Memasak memiliki manfaat penyembuhan bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. Hal itu diutarakan dalam studi yang dilakukan para peneliti di Edith Cowan University (ECU) dan universitas lain di Australia dan dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Nutrition. Dan efek positifnya bukan hanya tentang mengubah pola makan seseorang tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan kepuasan.

Untuk melakukan studinya, para peneliti memanfaatkan kemitraan antara universitas mereka dan program belajar memasak Kementerian Pangan Jamie dari The Good Foundation.

Sebanyak 657 peserta pada tahun 2016 dan 2018, dua pertiga di antaranya kelebihan berat badan, Mereka mengambil bagian dalam program tujuh minggu untuk mempelajari cara memasak makanan sehat.

Pada saat yang sama, para ahli mengukur efek program kepercayaan diri memasak peserta dan kesehatan mental yang dirasakan, serta kepuasan mereka secara keseluruhan seputar memasak dan perilaku yang berhubungan dengan diet.

Hasilnya, sukarelawan yang menyelesaikan program mengalami peningkatan signifikan dalam kesehatan umum, kesehatan mental, dan vitalitas subjektif segera setelah program. Manfaat ini masih ada enam bulan setelah program berakhir.

Perbaikan kesehatan mental ini berkaitan dengan perubahan pola makan.

Menurut penelitian sebelumnya, makan lebih banyak buah dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan mental dalam jangka panjang.

Baca Juga: Tidak Hanya Bercocok Tanam, Memasak juga Bagus untuk Kesehatan Mental
Tidak Hanya Makanan, Minuman Juga Dapat Turunkan Kolesterol

Namun, kesehatan mental peserta meningkat meskipun diet mereka dilaporkan tidak berubah setelah menyelesaikan program. Dr. Joanna Rees, peneliti utama studi tersebut menjelaskan memasak memberikan kepuasan yang berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.

“Ini menunjukkan hubungan antara kepercayaan memasak dan kepuasan seputar memasak, dan manfaat kesehatan mental,” katanya.

Video Terkait

[embedded content]